Selasa, 24 November 2015

Hari Guru, Wali Kota Kediri 'Blusukan' dan Mengajar Siswa SD

Peringatan Hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Wali Kota Kediri, Jawa Timur Abdullah Abu Bakar 'blusukan' dengan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah dasar. Salah satunya ke SD Tempurejo 2 Kecamatan Pesantren, Kediri, Jawa Timur.

Tak hanya sidak, Mas Abu sapaan akrab Abdullah Abu Bakar juga mengajar siswa sekolah dasar dan berperan sebagai guru di hadapan siswa.

Sejumlah pertanyaan diucapkan oleh Mas Abu kepada siswa, mulai dari siapa nama kepala sekolah, siapa Presiden Republik Indonesia, hingga guru seperti apa yang diinginkan siswa dalam mengajar sehari-hari.

"Siapa yang tahu nama Presiden kita, siapa yang ingin menjadi sukses dan berhasil" tanya Mas Abu kepada siswa Rabu, (25/11/2015).

Dalam salah satu sesi tanya jawab, Mas Abu juga sempat bertanya bagaimana sistem pengajaran guru di SD Tempurejo Kediri kepada siswa. Para siswa juga ditanya soal kondisi sekolah yang diinginkan, mulai dari paham atau sadar IT.

"Guru yang baik, sabar, mampu menjelaskan dengan baik hingga guru yang keren dalam mengajar" kata Alan Rival, siswa kelas 6 SD saat menjawab pertanyaan Mas Abu tersebut. Menurut pengamatan Mas Abu, kondisi guru saat ini sudah lebih baik mulai dari ekonomi hingga kemampuan pribadi masing-masing terutama di era digital.

"Anak sekarang kan mainnya gadget jadi lebih pintar dan kritis, otomatis hal tersebut menjadikan guru harus lebih mengerti dibanding muridnya, mungkin keren yang dimaksud juga keren dalam hal penampilan serta kemampuan menjelaskan pelajaran" imbuh Mas Abu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar